Senin, 29 November 2010

Gimana Sihh Proses Cadbury Dairy Milk??


Bijih-bijih coklat Cadbury diproses menjadi coklat dairy milk di pabrik Cadbury yang terletak di dekat Hereford. Di pabrik inilah bijih coklat diproses dan dicampur dengan gula dan susu full krim yang telah melalui proses kondensasi menjadi lebih kental dibanding dengan susu biasa. Kemudian campuran antara bijih coklat, gula dan susu fulll krim itu dikeringkan di oven vakum hingga menjadi coklat-susu yang berbentuk seperti remahan.


Remahan coklat yang telah bercampur dengan susu tersebut diambil oleh pabrik-pabrik Cadbury lainnya untuk digiling.  Setelah melalui proses penggilingan, pada coklat tersebut ditambahkan lemak coklat (cocoa butter) dan ramuan-ramuan lainnya. Jumlah penambahan lemak coklat tersebut tergantung dari jenis coklat yang akan dihasilkan tersebut, misalkan, untuk membuat coklat bar lemak coklat yang diperlukan cukup banyak. Berbeda dengan coklat bar, apabila yang hendak dibentuk adalah coklat campuran (memiliki isi atau campuran bahan makanan lainnya), maka lemak coklat yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding dengan bila kita membuat coklat bar.
Di Inggris, pada coklat Cadbury juga ditambahkan lemak nabati sebesar 5%, yakni dengan tujuan agar coklat yang terbentuk lebih stabil dan memiliki tekstur coklat yang lembut sehingga lebih berkualitas, terutama pada saat dimakan.


Setelah ditambahkan lemak coklat, campuran coklat tersebut digiling dan diremas agar lebih halus. Kemudian, coklat tersebut didinginkan (tempered) dengan tujuan agar temperatur coklat lebih stabil~layaknya dark chocolate.

Pada akhirnya, coklat Cadbury pun berada di tahap akhir dari proses pembuatan coklat ini, dimana coklat-coklat tersebut diproses sesuai dengan bentuk-bentuk ataupun jenis-jenis produk Cadbury, seperti coklat Cadbury Crunchie, Cadbury Creme Egg, dan lain-lain, termasuk coklat Cadbury Dairy Milk yang dijual di Indonesia ini.

Jadi..inilah rahasia kelezatan coklat Cadbury...!!!

1 komentar:

  1. Jual coklat crunchie di jakarta/bekasi dimana? kok saya gak pernah liat llgi di toko2... sekarang kalo pengen crunchie cuma bisa nitip ke orang yg keluar negri.. :(

    BalasHapus