Senin, 29 November 2010

Bijih Coklat ke Lemak Coklat

Begitu bijih coklat dibeli oleh Cadbury, maka bijih-bijih tersebut dikumpulkan di Inggris, kemudian baru disebarkan ke pabrik-pabri
Bijih coklat ke lemak coklat?? Gimana yahh caranya?? Hmm...begini ceritanya....
 

Sack of beans

Sebelum bijih-bijih coklat yang dibeli oleh Cadbury dikeluarkan dari karungnya, karung tersebut dibersihkan terlebih dahulu dari segala macam debu dan bebatuan yang terbawa karena proses pengiriman bijih-bijih coklat tersebut. Setelah dikeluarkan dari karung, bijih-bijih coklat tersebut dipanggang di sebuah drum yang berputar yang dinamakan continous roaster. Dalam proses ini tentunya hawa panas masuk ke dalam bijih-bijih coklat yang membuat aroma coklat pun keluar dengan sedapnya selama proses ini!!!
Bijih-bijih coklat yang telah dipanggang tersebut digiling hingga terpecah menjadi serpihan-serpihan kecil, dan kemudian serpihan-serpihan itu dipilah-pilah, yakni kulit-kulit coklat yang rapuh dibuang dan yang hanya diambil adalah materi-materi yang berasal dari bagian tengah bijih coklat. Bagian ini kemudian digiling lagi dengan mesin hingga menjadi coklat yang setengah berbentuk krim, dimana lebih dari separuhnya berasal dari lemak coklat (cocoa butter).  Coklat yang berbentuk setengah krim ini disebut kakao massa (cocoa mass) atau cairan coklat (cocoa liquor). Kakao massa adalah bahan dasar dari segala jenis olahan coklat yang terdiri dari lemak coklat yang diperas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar