Senin, 29 November 2010

Cadbury Dairy Milk

Begitu denger kata Cadbury..hmm..coklat susu Cadbury lah yang pasti langsung terlintas di pikiran kita...
yahh..Cadbury memang terkenal dengan resep coklat susu nya yang lezat..

Pruduk ini pun juga bisa kita beli di berbagai supermarket, minimarket dan toko-toko bahan makanan lainnya dengan mudah..


video


Di Indonesia, Cadbury Dairy Milk juga terdapat berbagai pilihan variasi coklat susu:




  Dairy Milk

Ini dia yang jadi produk andalan Cadbury sejak 1981...Hmm..usia resepnya udah lamaa banget dan yang pasti, kelezatannya ngga tertandingi coklat yang lain. Selain rasanya yang begitu lezat, tekstur coklatnya pun benar-benar terasa saat dimakan..hmm..yummy!!








 Black Forest

Coklat dicampur buah black cherry?? Wow..ngga nyangka rasanya begitu dasyat!! Siapa yang sangka kalo buah jenis berry yang sering digunakan untuk membuat blackforest ini benar-benar lezat!! Ngga cuman buah black cherry aja yang buat coklat ini lezat, kelembutan coklat susu Cadbury benar-benar terasa bila dipadukan dengan ramuan khas blackforest ini...!! Penasarann?? Cobain dehh..






 Cashew Nut
 
Cashew Nut..nama bekennya kacang mede..kacang ini sering dibuat campuran coklat..dan Cadbury tau campuran yang satu ini bakal memuaskan temen-temen penggemar coklat-kacang..Cadbury ngerti banget yahh?? 








Fruit & Nut

Produk Cadbury satu ini bener-bener beda...!! Coklat susu Cadbury dicampur dengan aneka buaeh dan kacang?? Wow..unik dan lezt dong tentunya!! Dengan berbagai campuran buah-buahan dan kacang-kacangan tentunya coklat Cadbury satu ini bisa membuat temen-temen ngrasa beda dehh!!








Roast Almond

Almond tambah coklat?? Hmm..lezatnya....apalagi kalo Almond+coklat Cadbury..waw..ini dia jadinya..!!
Kacang Almond terkenal mahal namun rasa kacangnya yang khas dan istimewa ini sering dibuat campuran bahan makanan, terutama jenis kue. Namun, Cadbury menyediakan produknya dengan olahan Almond ini dengan harga terjangkau tentunya...jadi..kita-kita bisa menikmati Cadbury dengan campuran Almond yang begitu mewah nan lezat ini dengan harga terjangkau..



So?? Tunggu apalagi?? Segera nikmati kelezatan berbagai jenis coklat susu Cadbury yang bisa bikin kamu ceriaa teruss dehh!!

~Berbagi Ceria Bersama Cadbury (^,^)~

Cadbury Zip

Pengen makan wafer coklat..tapi dengan kualitas coklat mewah..dengan harga terjangkau?? Cadbury ZIP dong jawabannya...!!


video

Iklan di atas ini adalah iklan Cadbury ZIP yang diterbitkan pada tahun 2010 ini, dan ditayangkan di stasiun-stasiun televisi...

Produk Cadbury satu ini salah satu produk yang dipasarkan di Indonesia. Ada 4 macam pilihan rasa Cadbury ZIP :

Vanilla







 Strawberry




 Mango





 Orange




Mau tahu keunikan masing-masing rasa?? Coba'in sesuai selera kamu..!!

Bijih Coklat ke Lemak Coklat

Begitu bijih coklat dibeli oleh Cadbury, maka bijih-bijih tersebut dikumpulkan di Inggris, kemudian baru disebarkan ke pabrik-pabri
Bijih coklat ke lemak coklat?? Gimana yahh caranya?? Hmm...begini ceritanya....
 

Sack of beans

Sebelum bijih-bijih coklat yang dibeli oleh Cadbury dikeluarkan dari karungnya, karung tersebut dibersihkan terlebih dahulu dari segala macam debu dan bebatuan yang terbawa karena proses pengiriman bijih-bijih coklat tersebut. Setelah dikeluarkan dari karung, bijih-bijih coklat tersebut dipanggang di sebuah drum yang berputar yang dinamakan continous roaster. Dalam proses ini tentunya hawa panas masuk ke dalam bijih-bijih coklat yang membuat aroma coklat pun keluar dengan sedapnya selama proses ini!!!
Bijih-bijih coklat yang telah dipanggang tersebut digiling hingga terpecah menjadi serpihan-serpihan kecil, dan kemudian serpihan-serpihan itu dipilah-pilah, yakni kulit-kulit coklat yang rapuh dibuang dan yang hanya diambil adalah materi-materi yang berasal dari bagian tengah bijih coklat. Bagian ini kemudian digiling lagi dengan mesin hingga menjadi coklat yang setengah berbentuk krim, dimana lebih dari separuhnya berasal dari lemak coklat (cocoa butter).  Coklat yang berbentuk setengah krim ini disebut kakao massa (cocoa mass) atau cairan coklat (cocoa liquor). Kakao massa adalah bahan dasar dari segala jenis olahan coklat yang terdiri dari lemak coklat yang diperas.

Gimana Sihh Proses Cadbury Dairy Milk??


Bijih-bijih coklat Cadbury diproses menjadi coklat dairy milk di pabrik Cadbury yang terletak di dekat Hereford. Di pabrik inilah bijih coklat diproses dan dicampur dengan gula dan susu full krim yang telah melalui proses kondensasi menjadi lebih kental dibanding dengan susu biasa. Kemudian campuran antara bijih coklat, gula dan susu fulll krim itu dikeringkan di oven vakum hingga menjadi coklat-susu yang berbentuk seperti remahan.


Remahan coklat yang telah bercampur dengan susu tersebut diambil oleh pabrik-pabrik Cadbury lainnya untuk digiling.  Setelah melalui proses penggilingan, pada coklat tersebut ditambahkan lemak coklat (cocoa butter) dan ramuan-ramuan lainnya. Jumlah penambahan lemak coklat tersebut tergantung dari jenis coklat yang akan dihasilkan tersebut, misalkan, untuk membuat coklat bar lemak coklat yang diperlukan cukup banyak. Berbeda dengan coklat bar, apabila yang hendak dibentuk adalah coklat campuran (memiliki isi atau campuran bahan makanan lainnya), maka lemak coklat yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding dengan bila kita membuat coklat bar.
Di Inggris, pada coklat Cadbury juga ditambahkan lemak nabati sebesar 5%, yakni dengan tujuan agar coklat yang terbentuk lebih stabil dan memiliki tekstur coklat yang lembut sehingga lebih berkualitas, terutama pada saat dimakan.


Setelah ditambahkan lemak coklat, campuran coklat tersebut digiling dan diremas agar lebih halus. Kemudian, coklat tersebut didinginkan (tempered) dengan tujuan agar temperatur coklat lebih stabil~layaknya dark chocolate.

Pada akhirnya, coklat Cadbury pun berada di tahap akhir dari proses pembuatan coklat ini, dimana coklat-coklat tersebut diproses sesuai dengan bentuk-bentuk ataupun jenis-jenis produk Cadbury, seperti coklat Cadbury Crunchie, Cadbury Creme Egg, dan lain-lain, termasuk coklat Cadbury Dairy Milk yang dijual di Indonesia ini.

Jadi..inilah rahasia kelezatan coklat Cadbury...!!!

Senin, 22 November 2010

Sejarah Coklat..

Sejak kapan keajaiban coklat ada di dunia??
Jawabannya..sejak ribuan tahun lalu, di peradaban suku Maya dan Aztec di Amerika Tengah.!!
Pohon coklat tumbuh secara bebas di hutan. Coklat dapat digunakan sebagai rempah-rempah, dan sebagai minuman bercitarasa pahit untuk acara-acara istimewa. Kemudian, setelah masa peradaban suku Aztec lewat, Conquistador Heman Coertes membawa biji coklat ke Spanyol.

Secara perlahan, coklat pun tersebar ke seluruh daratan Eropa, dimana pada masa itu coklat merupakan citarasa yang begitu bergengsi, mewah dan sangat bercirikhas kebangsawanan (seperti sampanye pada masa kini!).
Pada akhir abad 19, susu mulai dijadikan campuran coklat, dan masyarakat pada masa itu mulai memikirkan bagaimana agar coklat dapat dimakan layaknya coklat dapat diminum sebagai minuman yang begitu lezat.
Coklat yang pada awalnya dianggap bercitarasa mewah, elegan, royal, dan hanya dapat dinikmati oleh kaum bangsawan saja, sebelum memasuki abad 20, coklat pada akhirnya dapat dinikmati dan dapat dengan mudah dapat dibeli oleh siapapun